Pengertian dan Jenis Komunikasi Jaringan

Doapengasih.com – Pengertian komunikasi jaringan. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi dengan manusia lain. Pada zaman dahulu komunikasi dilakukan secara terbatas, baik itu dalam jumlah komunikan (orang yang menerima pesan), komunikator (orang yang menyampaikan) maupun lokasi komunikasi.  Contohnya komunikasi melalui kaleng yang tentu saja hanya dapat dilakukan oleh 2 orang.

Guna memenuhi tuntutan teknologi dan kebutuhan akan komunikasi, maka lahirlah komunikasi daring atau yang lebih dikenal dengan komunikasi jaringan. Jenis komunikasi jaringan ada dua, yaitu komunikasi jaringan sinkron dan komunikasi jaringan asinkron. Sebelum membahas jenis dari jaringan komunikasi, apakah Anda tahu apa sebenarnya komunikasi jaringan itu? Simak uraiannya berikut ini.

Pengertian Komunikasi Jaringan 

Proses komunikasi didasari dari individu dengan individu lainnya. Komunikasi merupakan proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi dari komunikator dan komunikan. Seiring dengan kemajuan teknologi, media komunikasi juga kian canggih mengikuti perkembangan dan melakukan inovasi. Yaitu dengan menciptakan media komunikasi internet.

Komunikasi jaringan atau komunikasi daring (dalam jaringan) merupakan komunikasi yang menggunakan jaringan internet. Komunikasi daring pertama kali diterapkan pada tahun 1960, saat peneliti asal Amerika berhasil mengembangkan protokol jaringan yang dapat mengirim serta menerima pesan atau informasi melalui komputer (Lyon & Hafner, 1996). 

Protokol tersebut bernama ARPANET yang diluncurkan di tahun 1969, dan seiring perkembangan teknologi berkembang menjadi internet.  Jenis komunikasi jaringan ada dua yaitu komunikasi jaringan Sinkron dan komunikasi jaringan asinkron. 

Jenis-jenis Komunikasi Jaringan

Komunikasi Jaringan Sinkron

Tentunya Anda pernah atau bahkan sering melakukan video call, bukan? Komunikasi melalui video call harus dilakukan minimal dua individu atau dua kelompok secara bersamaan atau serentak. Sehingga definisi dari komunikasi sinkron merupakan komunikasi yang dilakukan secara bersama-sama atau serempak. 

Selain video call, terdapat beberapa contoh lain komunikasi jaringan sinkron yaitu:

1. Video Chat

Video chat adalah teknologi komunikasi untuk melakukan interaksi video serta audio secara nyata dan real time antara penerima dan pemberi informasi dari lokasi yang berbeda. Video chatting biasa disebut dengan video call yang dapat dilakukan dengan berbagai perangkat seperti komputer, laptop, tablet ataupun smartphone.

Video call atau video chatting bisa berupa interaksi multipoint yakni dari banyak ke satu, satu ke banyak atau banyak ke banyak, Seperti Google+ Hangouts. Atau bisa juga berupa point to point yakni satu ke satu seperti Skype, FaceTime atau saat ini sudah bisa melalui aplikasi WhatsApp dan lain sebagainya. 

2. Text Chat

Text Chat adalah fitur chatting yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara nyata (real time) serta bersosialisasi secara langsung melalui jaringan internet (sama sama sedang online). 

Komunikasi teks atau chat text dapat mengirim pesan kepada penerima yang sedang online, kemudian penerima membalas pesan dengan teks dan begitu seterusnya hingga terjadinya proses text chatting. 

Adapun software atau aplikasi sebagai media text chat antara lain:

  • LINE
  • Facebook Messenger
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Dan lain-lain.

Komunikasi Jaringan Asinkron

Komunikasi asinkron atau komunikasi tidak serempak merupakan komunikasi yang dilakukan dengan perangkat komputer secara tertunda. Atau bisa juga dipahami dengan komunikasi yang menggunakan perangkat komputer dan harus menunggu hingga pesan terkirim. 

Adapun contoh dari komunikasi asinkron yaitu:

  • Forum
  • E-mail
  • Rekaman simulasi visual
  • Menulis dan membaca files daring melalui situs domain atau WWW.

Tujuan Komunikasi Jaringan

Segala sesuatu yang dilakukan tentu saja memiliki tujuan yang harus dicapai. Adapun tujuan dari komunikasi jaringan yaitu:

  • Dapat mengirim data atau pesan dengan jumlah yang besar secara ekonomis dan lebih efisien serta dapat mengurangi kemungkinan adanya kesalahan
  • Memungkinkan pengelolaan yang lebih mudah yakni dengan pengaturan data antara dua perangkat maupun lebih
  • Sebagai media komunikasi
  • Keamanan data
  • Efisiensi tenaga, waktu dan biaya
  • Pengembangan dan pemeliharaan
  • Meningkatkan intensitas komunikasi
  • Memberikan informasi
  • Sebagai website
  • Sebagai kontrol
  • Memudahkan pengelolaan.

Fungsi Komunikasi Jaringan

Komunikasi jaringan memiliki beberapa fungsi, seperti:

  1. Komunikasi dalam jaringan membantu perkembangan motivasi, seperti motivasi karyawan. Melalui komunikasi dapat menjelaskan bagaimana bekerja dengan baik, apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja di bawah standar, sehingga karyawan dapat memperbaiki kinerja.
  2. Kendali, Komunikasi berfungsi sebagai kendali untuk mengendalikan perilaku anggota dengan beberapa cara, setiap organisasi memiliki wewenang serta garis panduan formal yang wajib dipatuhi.
  3. Pengungkapan Emosional

Sebagian besar karyawan menggunakan kelompok kerja sebagai sumber interaksi sosial. Komunikasi yang tercipta dalam kelompok tersebut adalah mekanisme fundamental, yang mana setiap anggota mengungkapkan kepuasan maupun kekecewaan. Sehingga komunikasi menyalurkan atau mengungkapkan emosional perasaan guna pemenuhan kebutuhan sosial.

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Jaringan

Semua yang dilakukan pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Hal tersebut juga berlaku pada komunikasi jaringan yang mengantongi beberapa kekurangan serta kelebihan sekaligus. Adapun kekurangan dan kelebihan dari komunikasi jaringan yaitu:

Kelebihan Komunikasi Jaringan

  1. Hemat biaya. Komunikasi jaringan dinilai lebih hemat biaya, karena tidak membutuhkan biaya lebih untuk bertemu secara langsung, melainkan hanya memerlukan alat komunikasi.
  2. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi dengan jaringan internet serta dengan fasilitas yang memadai. 
  3. Terintegrasi dengan TIK lain. Ketika berkomunikasi, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lain guna mendukung komunikasi yang sedang berlangsung. Layanan atau fitur yang dapat digunakan bersamaan dengan komunikasi jaringan seperti dokumen, presentasi dan lain sebagainya.
  4. Meningkatkan partisipasi. Adanya jalur komunikasi yang lebih terbuka memungkinkan lebih banyak orang yang bergabung serta berkomunikasi secara bersama (diskusi).
  5. Lebih hemat waktu. Komunikasi jaringan membutuhkan waktu yang lebih singkat, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk bertemu yang hanya akan menyampaikan pesan, atau tidak perlu menunggu waktu lama untuk menunggu surat dari POS.
  6. Komunikasi jaringan memberikan kesempatan untuk orang yang malu berkomunikasi menjadi lebih intens berkomunikasi.

Kekurangan Komunikasi Jaringan

Meskipun memiliki banyak kelebihan, komunikasi jaringan juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Memerlukan perangkat khusus, yaitu hardware seperti laptop, hp, komputer dan lain-lain, kemudian software atau aplikasi.
  2. Emosi kurang dapat tersampaikan dengan benar, seperti intonasi, raut muka, dan gerakan tubuh. Jika penerima membaca pesan dengan nada yang berbeda maka maksud dari informasi yang tersampaikan juga dapat berbeda. 
  3. Kurang sosialisasi, dikarenakan kemudahan komunikasi dengan jaringan internet, justru mengurangi intensitas berkumpul dan bersilaturahmi.
  4. Terlalu banyak spam dikarenakan pengguna internet yang kian menjamur. 

Kesimpulan

Komunikasi jaringan adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Jenis komunikasi jaringan ada dua yaitu komunikasi sinkron (serempak) dan komunikasi asinkron (tidak serempak). Sama seperti komunikasi pada umumnya, komunikasi jaringan juga memiliki aturan atau tata krama dalam berkomunikasi yang harus dipatuhi. Terlebih lagi saat ini Indonesia sudah memiliki UU ITE.

Baca:

Originally posted 2023-09-17 17:19:42.

Tinggalkan komentar