Doa Memejamkan Mata Mayat Jenazah yang Meninggal

Doa memejamkan dan menutup mata mayat atau jenazah yang telah meninggal dunia.

Doapengasih.com – Doa memejamkan mata mayat. Seseorang yang telah meninggal dunia harus kita hormati dan doakan sebagai bentuk penghormatan terakhir sebelum dimakamkan.

Selain itu, mendakan orang yang sudah meninggal dunia dan menjadi ahli kubur juga dimaksudkan agar dia dilapangkan di dalam kubur, diampuni dosanya dan ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT.

Ketika seseorang baru saja meninggal, jenazah yang ada harus dimandikan dengan niat memandikan jenazah yang benar, kemudian jenazah disholatkan dengan tuntunan sholat jenazah yang benar.

Namun sebelum itu, saat seseorang benar-benar baru kehilangan nyawanya, kita harus menutup matanya terlebih dahulu. Dan saat menutup mata inilah kita dianjurkan untuk mengucapkan doa.

Doa saat menutup atau memejamkan mata jenazah ini sangat dianjurkan, khususnya bagi umat muslim baik laki-laki maupun perempuan. Bagi yang belum tahu, artikel ini akan menjelaskan secara lengkap.

Di sini kami akan membahas bagaimana bacaan doa memejamkan mata mayat atau jenazah berdasarkan hadits shahih, sesuai sunnah, dan bagaimana tata cara menutup mata jenazah yang benar, silahkan disimak.

Daftar ISI

Doa Memejamkan Mata Mayat

doa memejamkan mata jenazah
doa memejamkan mata jenazah

Saat memejamkan, menutup atau menidurkan jenazah dengan tangan kanan, lakukan lah sambil membaca doa ini. Apabila doa berikut belum selesai diucapkan, tahanlah tangan di atas mata terlebih dahulu.

Kemudian apabila doa sudah selesai dibaca, baruah tangan dilepaskan atau diangkat. Insya Allah dengan membaca doa berikut baik kita dan jenazah akan diberi perlindungan oleh Allah SWT.

Karena makna dari doa ini adalah kita memohon ampunan dosa kepada Allah SWT dan memohon aga mayit diberi petunjuk di alam selanjutnya serta diluaskan kuburannya agar tidak sempit.

Berikut adalah lafadz bacaan doa untuk memejamkan mata dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih dan benar.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِفُلاَنٍ (بِاسْمِهِ) وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِيْ عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ، وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، وَافْسَحْ لَهُ فِيْ قَبْرِهِ وَنَوِّرْ لَهُ فِيْهِ

Allahummaghfir li fulan (sebutkan nama mayit) warfa’ derajatahu fil mahdiyyin wakhlufhu fi ‘aqibihi fil ghabirin waghfir lana wa lahu ya rabbal ‘alamin wafsah lahu fi qobrihi wa nawwir lahu fihi.

Artinya:
“Ya Allah, ampunilah (sebutkan nama mayit), angkatlah derajatnya bersama orang-orang yang mendapat petunjuk, berilah pengganti bersama orang-orang yang hidup setelahnya. Dan ampunilah kami dan dia, wahai Tuhan semesta alam. Lapangkanlah kuburannya dan berilah penerangan di dalamnya.”

Akhir Kata

Itulah doa memejamkan mata mayat jenazah, doa ketika setelah menutup mata mayat, meninggal dengan mata terbuka menurut islam, doa mengusap wajah jenazah untuk yang terakhir.

Baca:

Tinggalkan komentar