AYAT KURSI : Doa, Arab, Latin, Terjemahan, Makna

Teks bacaan doa ayat kursi arab, latin, terjemahan indonesia, makna.

Doapengasih.com – Ayat kursi. Al-Qur’an memiliki lebih dari 6000 ayat yang tersebar di 114 surat. Salah satu surat yang paling istimewa dalma Al-Quran adalah Al-Baqarah karena di dalamnya terdapat sebuah ayat yang disebut-sebut sebagai ayat paling agung dalam Al-Quran.

Ayat ini memiliki banyak sekali makna, keajaiban, manfaat dan keutamaan yang membawa kebaikan bagi siapa saja yang membacanya, apalagi jika dibaca setelah sholat wajib seperti subuh, dzuhur, ashar, maghrib atau isya.

Di sini kami akan menuliskan teks bacaan ayat yang mempunyai nama lain Sayyidatu Ayyil Qur’an yang ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia. Namun sebelum itu, kita perlu mengetahui pengertian dan makna yang terkandung di dalam ayat paling istimewa dalam Al-Quran ini.

Apa itu Ayat Kursi?

Ayat kursi adalah ayat ke-225 dalam surat Al-Baqarah yang disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab sebagai ayat paling agung dalam Al-Quran.

Ayat ini juga disebut sebagai ayat singgasana. Menurut beberapa penafsiran, ayar ke 256 dan 257 juga merupakan bagian dari ayat ini karena kandungan yang ada di dalamnya saling berhubungan.

Makna Ayat Kursi

Dalam berbagai kandugan dalam ayat ini, terdapat dua kata dalam bahasa Arab yakni qayyum dan kursi. Qayyum artinya berdiri atau mandiri seperti Al-Qayyum yang merupakan salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna. Sedangkan kursi artinya singgasana, ilmu, dan kekuasaan hukum.

Namun sebagian meriwayatkan bahwa arti kursi dalam ayat ini adalah ilmu Tuhan atau ilmu Allah. Tapi ada juga yang berpendapat lain bahwa kursi artinya hukum atau singgasana tertinggi.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa makna dari ayat ini adalah Allah sebagai Zat yang berdiri di singgasana tertinggi telah mengetahui apa yang akan terjadi di dunia ini, baik yang terlihat oleh manusia maupun tidak.

Baca: Doa Agar Anak Sholeh

Bacaan Doa Ayat Kursi

ayat kursi
teks bacaan doa ayat kursi

Membaca ayat ini sangat dianjurkan dalam sebagian riwayat. Berikut adalah teks bacaan ayat yang memiliki nama lain A’zhomul ayaat yang ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

1. Ayat Kursi Bahasa Arab

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

2. Ayat Kursi Teks Latin

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

3. Ayat Kursi Terjemahan Indonesia

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Akhir Kata

Itulah teks, bacaan atau doa ayat kursi. Ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia agar kita sama-sama memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Ayat ke-225 dalam Al-Baqarah ini juga dapat dibaca ketika setelah selesai sholat wajib atau sunnah, untuk mengusir setan, iblis atau roh jahat, pengobatan, rezeki, hajat, kekayaan dan lain sebagainya.

Baca :

3 pemikiran pada “AYAT KURSI : Doa, Arab, Latin, Terjemahan, Makna”

  1. Surat disimpan dan diketemukan kembali menurut kelompok atau tempat penyimpanan berdasarkan geografi / wilayah / kota dari surat berasal dan tujuan surat dikirim. Dalam hubungan ini surat masuk dan surat keluar disimpan dan ditempatkan dalam folder yang sama, tidak dipisah-pisahkan. Dalam penyimpanannya menurut sistem ini harus dibantu dengan sistem abjad atau sistem tanggal.

    Yang perlu dipersiapkan dalam menerapkan sistem ini
    – Perlengkapan yang diperlukan dalam menerapkan sistem ini adalah; filling cabinet, guide, folder, dan kartu kendali (guide).
    – Penyimpanan surat melalui prosedur
    a. Melihat tanda pembebas dalam surat, yaitu tanda yang menyatakan bahwa surat tersebut telah selesai diproses dan boleh disimpan.
    b. Membaca surat
    c. Memberi kode surat
    d. Mencatat surat pada kartu kendali
    e. Menggolongkan surat menurut wilayahnya masing-masing
    f. Menyimpan surat
    g. Menyimpan kartu kendali
    Filing sistem wilayah/geografi adalah suatu filing arsip melalui pengklasifikasian surat/warkat berdasarkan wilayah dengan berpedoman kepada daerah atau alamat surat. Sistem ini banyak di pakai oleh kantor atau instasi yang mempunyai cabang/perwakilan di beberapa darah.
     Kelebihan sistem wilayah ini antara lain sebagai berikut :
    Mudah mencari keterangan bila letak wilayah telah di ketahui
    Apabila terjadi penyimpanan-penyimpanan arsip, dapat segera di ketahui.
     Kelemahanya antara lain :
    Kemungkinan besar terjai salah penyimpanan, apabila petugas tidak memiliki wawasan/pengetahuan tentang geografi.
    Harus mengetahui letak geografi/wilayah meskipun dalam surat tidak dicantumkan secara lengkap.
    Perlu adanya guidance/ semacam buku petunjuk yang menggambarkan batas-batas wilayah yang menjadi wewenang dan tanggung jawab masing-masing cabang atau perwakilan.
    MENYUSUN DAFTAR KLASIFIKASI
    Daftar klasifikasi disusun berdasarkan pembagian wilayah. Pembagian wilayah ini dapat mengikuti pembagian wilayah pemerintahan seperti ; propinsi/daerah tingkat 1,kota/kabupaten daerah tingkat 2m,dan seterusnya. Pada sistem ini , surat masuk maupun keluar yang alamatnya dalam satu wilayah yang sama dengan suatu surat atau wakat lainnya, dapat disimpan dalam bersama-sama satu berkas atau tempat penyimpanan
    b.ind

Komentar ditutup.